Kamis / 07 Desember 2023
Penilaian yang dilakukan di jenjang sekolah memang terbilang cukup banyak. Mulai dari adanya pemberian tugas, kuis, ulangan harian, penilaian tengah semester, penilaian akhir semester yang kemudian berganti nama menjadi sumatif akhir semester pada kurikulum merdeka.
Banyaknya penilaian ini tentu bertujuan untuk mengetahui kemampuan siswa setelah mempelajari suatu materi dalam mata pelajaran tertentu. Pada artikel kali ini, penulis akan membahas terkait sumatif akhir semester (SAS) dan pelaksanaan nya di sekolah.
Apa Itu Sumatif Akhir Semester (SAS)?
Sumatif akhir semester yang semula bernama penilaian akhir semester dalam kurikulum 2013 merupakan kegiatan rutin yang dilakukan pada tiap semester. SAS adalah salah satu bentuk asesmen yang dilakukan oleh satuan pendidikan dengan tujuan untuk mengetahui ketercapaian Alur Tujuan Pembelajaran ATP) pada Capaian Pembelajaran (CP) yang telah dijalani oleh peserta didik selama satu semester/enam bulan.
Sumatif akhir semester sendiri biasanya digunakan oleh guru sebagai dasar untuk mengukur kemampuan kognitif mata pelajaran yang akan dibagikan hasilnya saat pembagian rapor.
Ada beberapa hal yang perlu diketahui terkait sumatif akhir semester:
1. SAS berbentuk laporan hasil belajar yang berisikan laporan pencapaian pembelajaran dan dapat ditambahkan dengan informasi pertumbuhan dan perkembangan siswa.
2.SAS dilakukan pada akhir semester, yang sebenarnya dapat dilakukan maupun tidak dilakukan.
3.SAS dapat dilakukan pada akhir semester jika guru merasa masih memerlukan konfirmasi atau informasi tambahan untuk mengukur pencapaian hasil belajar siswa. Sebaliknya, jika guru merasa bahwa data hasil asesmen yang diperoleh selama 1 semester telah mencukupi, maka tidak perlu lagi dilakukan asesmen pada akhir semester.
4.Guru dapat menggunakan teknik dan instrumen yang beragam, tidak hanya berupa tes, namun dapat menggunakan observasi dan performa (praktik, menghasilkan produk, melakukan projek, atau membuat portofolio).
5. Umpan balik dari SAS dapat digunakan untuk mengukur perkembangan siswa serta untuk memandu guru merancang aktivitas pada pembelajaran berikutnya
Sejalan dengan penjelasan penulis diatas SDN 40 Payakumbuh sejak tanggal 04 Desember 2023 sudh mulai melaksanakan Sumatif Akhir Semester dengan jadwal yang telah disusun oleh Kelompok Kerja Kepala sekolah Kecamatan Payakumbuh Barat dan Selatan, dari pemantauan penulis terdapat berbagai variasi yang dilakukan oleh guru-guru dalam melaksanakan penilaian SAS ini di antaranya SAS dengan metode penulisan di kertas dan juga SAS dengan menggunakan metode media Goggle Form secara digital.
Terkhusus SAS dengan metode digital di SDN 40 Payakumbuh adalah metode baru yang digunakan dalam konsep Penilaian Akhir Semester ini yang mana dari cara sebelumnya masih menggunakan penilaian di kertas ujian 100%.
Terlepas dari penggunaan dan cara penilaian yang dilakukan harapannya dari pihak sekolah dapat melihat ketercapaian hasil belajar siswa selama 6 bulan dan juga mengefektifitas pemakaian media digital yang sudah jauh – jauh hari di gerakkan oleh Dinas Pendidikan Kota Payakumbuh dibawah komando bapak Dr. Dasril S.Pd, M.Pd.
Admin R