Balai Gadang Payakumbuh / 24 November 2023

Program Sekolah Penggerak adalah upaya untuk mewujudkan visi Pendidikan Indonesia dalam mewujudkan Indonesia maju yang berdaulat, mandiri, dan berkepribadian melalui terciptanya Pelajar Pancasila.
Program Sekolah Penggerak berfokus pada pengembangan hasil belajar siswa secara holistik yang mencakup kompetensi (literasi dan numerasi) dan karakter, diawali dengan SDM yang unggul (kepala sekolah dan guru).
Dengan program dan cita-cita tersebut sekolah penggerak angkatan 3 kota Payakumbuh terus melaju kedepan dalam meningkatkan kompetensi tenaga pendidik dengan mengadakan Workshop Peningkatan Pembelajaran Berdiferensiasi untuk semua guru kelas di lingkungan sekolah penggerak kota Payakumbuh.
Kegiatan ini dilaksanakan di SDN 01 Balai Gadang Kota Payakumbuh, kegiatan ini dibuka oleh Kepala Dinas Pendidikan Kota Payakumbuh yang pada kesempatan ini diwakilkan oleh Pengawas SD bapak Erizal, dalam pembukaan nya bapak Erizal menyampaikan bahawa kegiatan seperti ini sangat berharga bagi kita sebagai tenaga pendidik karena dengan kegiatan workshop guru – guru bisa bertukar pikiran seta berkolaborasi sesama guru baik antar sekolah maupun dengan rekan guru yang mengajar di tingkat yang sama, juga dalam penyampaiannya bapak pengawas menyampaikan baahwa kegiatan ini awalnya akan di jabarkan oleh Ibu Delfiati dari BBPMP Sumatera Barat, tetapi karena kegiatan yang di gawangi beliau bentrok maka kegitan ini langsung di nahkodai oleh ibu Pengawas hebat SD Ibu Syafrionarita atau biasa dipanggil buk nanang yang memang sudah “melanglang buana” memberikan materi ke berbagai daerah khususnya Sumatera Barat
Dalam penyampaian materinya pemateri menyampaikan Pembelajaran berdiferensiasi adalah teknik instruksional atau pembelajaran di mana guru menggunakan berbagai metode pengajaran untuk memenuhi kebutuhan individu setiap siswa sesuai dengan kebutuhan mereka. Kebutuhan tersebut dapat berupa pengetahuan yang ada, gaya belajar, minat, dan pemahaman terhadap mata pelajaran.
Pada dasarnya, pembelajaran berdiferensiasi memungkinkan setiap guru untuk bertemu dan berinteraksi dengan siswa pada tingkat yang sebanding dengan tingkat pengetahuan mereka untuk kemudian menyiapkan preferensi belajar mereka.
Untuk itulah maka pembelajaran berdiferensiasi ini memiliki tujuan untuk menciptakan kesetaraan belajar bagi semua siswa dan menjembatani kesenjangan belajar antara yang berprestasi dengan yang tidak berprestasi. Singkatnya, pembelajaran berdiferensiasi adalah proses pembelajaran yang dibuat sedemikian rupa sehingga siswa merasa tertantang untuk belajar.
Penting untuk dicatat, bahwa beberapa siswa pasti memiliki tingkat pengetahuan yang baik tentang suatu topik belajar tertentu, sedangkan siswa yang lain tidak karena siswa tersebut memiliki pengetahuan yang sama sekali baru dengan topik tersebut. Selain itu, beberapa orang siswa juga memiliki kemampuan pemahaman yang lebih baik dan lebih cepat jika ia mendengarkan penjelasan gurunya secara langsung atau melalui audio, sedangkan beberapa orang siswa lagi dapat belajar secara efektif apabila ia berpartisipasi aktif dalam proses pembelajaran, dan beberapa orang siswa lainnya harus menghabiskan waktu untuk membaca sendiri guna mendapatkan pengetahuan secara utuh dan lebih lengkap. Selain itu, kita juga mungkin memiliki anak-anak yang senang belajar dan berkolaborasi dalam sebuah kelompok kecil, sementara beberapa anak lainnya lebih suka belajar secara mandiri.
Adanya perbedaan-perbedaan ini harus disikapi oleh setiap guru dengan cara menampilkan diferensiasi konten dan berbagai pendekatan yang dapat memastikan bahwa semua materi belajar telah disesuaikan dengan kebutuhan peserta didik yang memiliki kemampuan berbeda.
Saat tulisan ini di terbitkan kegiatan masih berlangsung dan diikuti dengan antusias oleh 100 orang lebih guru lebih di ruangan Aula pertemuan SDN 01, direncanakan kegiatan ini akan berlangsung 2 hari sampai tanggal 25 November 2023.

